June 19, 2021
4+ Tips Untuk Ibu Hamil di Setiap Trimester Agar Bayi Lahir Sehat dan Cerdas

4+ Tips Untuk Ibu Hamil di Setiap Trimester Agar Bayi Lahir Sehat dan Cerdas

Kehamilan, sangat dinantikan oleh banyak pasangan. Apapun akan dilakukan, agar janin sehat hingga saat melahirkan tiba. Banyak tips untuk ibu hamil yang perlu dipelajari dan diterapkan, terutama berdasarkan trimester kehamilan. Penasaran? Yuk simak informasinya.

Dalam dunia medis kehamilan ideal itu terjadi selama sembilan bulan, makanya ada pembagian trimester kehamilan. Hal tersebut dilatarbelakangi pertumbuhan janin di perut ibunya.

Tips Untuk Ibu Hamil Trimester  Pertama

Trimester pertama, adalah masa paling rawan bagi wanita hamil. Tubuh masih perlu melakukan adaptasi terhadap pertumbuhan janin, makanya banyak gejala yang dialami ibu hamil. Mulai dari morning sickness, hingga pendarahan bagi wanita yang memiliki kondisi rahim yang lemah. Lantas apa tipsnya agar perkembangan janin tidak terganggu?

  • Anda harus beristirahat lebih banyak ketimbang sebelum hamil, agar proses tubuh untuk beradaptasi jadi lebih baik.
  • Jika Anda perokok atau suka minuman beralkohol, hentikanlah karena akan mengganggu kehamilan trimester pertama. Bahkan tak sedikit yang mengalami keguguran dan menyesal kemudian.
  • Pastikan asupan makanan Anda benar-benar bergizi, saat ini Anda makan bukan hanya untuk diri sendiri. Tapi, ada calon buah hati yang menggantungkan perkembangannya pada Anda.
  • Lebih baik hindari melakukan aktivitas berat yang melelahkan tubuh, apalagi bagi Anda yang terdiagnosa mengalami kelemahan rahim atau gangguan kehamilan.

 

Tips Untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Pada trimester kedua perkembangan janin sudah semakin baik terutama pada bagian tulang, otot, dan alat reproduksi. Untuk memaksimalkan perkembangan tersebut, tips untuk ibu hamil yang bisa dilakukan yaitu:

  • Perubahan emosi yang dialami ibu hamil, menjadikannya kurang stabil. Butuh relaksasi maksimal, agar tidak mengganggu tumbuh kembang janin.
  • Asupan gizi tetap dijaga, bahkan harus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan ibu dan janin. Terutama zat-zat penting yang dibutuhkan seperti Folat, Vitamin, Kalsium, dan Omega.
  • Jika menurut dokter Anda boleh berolahraga, jangan sia-siakan hal itu. Mulailah berolahraga sederhana untuk menjaga metabolisme tubuh, seperti senam hamil atau jalan lagi.

 

Tips Untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Memasuki trimester ketiga, ibu hamil harus melakukan hal-hal ekstra untuk memastikan kondisi janin selalu sehat dan gizinya terpenuhi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

  • Lakukan cek rutin kondisi kehamilan, terutama pengukuran berat badan dan ukuran janin.
  • Jika janin belum memiliki berat badan yang cukup, Anda perlu menambah asupan gizi semaksimal mungkin sesuai anjuran dokter.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, untuk mengurangi resiko kurang darah.
  • Siapkan semua hal terkait kelahiran, agar tidak menjadi beban pikiran yang pastinya mengganggu kenyamanan Anda selama hamil. Mulai dari tempat melahirkan, pakaian, hingga support pasangan dan keluarga.

Itulah penjelasan lengkap, terkait tips untuk ibu hamil yang bisa Anda lakukan selama kehamilan berdasarkan trimesternya. Semakin maksimal dilakukan, semakin siap seorang ibu menghadapi proses melahirkan. Bayi juga akan lahir dengan kondisi sehat sesuai doa dan harapan.