December 4, 2021
5 Tips Merawat Organ Intim selama Menjalani Masa Nifas

5 Tips Merawat Organ Intim selama Menjalani Masa Nifas

Setelah melewati proses persalinan maka wanita akan memasuki masa nifas. Ini merupakan masa dimana organ intim akan mengeluarkan darah yang masih tersisa di dalam rahim pasca persalinan. Proses pengeluaran darah nifas ini pada dasarnya sama saja seperti menstruasi hanya saja kondisi vagina dan tubuh sudah berbeda karena baru saja melahirkan.

Merawat Vagina saat Nifas

Perawatan organ intim atau vagina ketika menjalani nifas merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sama halnya ketika menstruasi, Anda akan disarankan untuk benar-benar menjaga kondisi organ intim sebaik mungkin. Berikut ini adalah 5 tips merawat organ kewanitaan saat menjalani nifas pasca persalinan:

1.                 Gunakan Maternity Pads

Saat mengalami nifas, sangat disarankan untuk memakai maternity pads atau pembalut yang khusus dipakai setelah melahirkan. Perlu diketahui bahwa intensitas darah nifas biasanya lebih banyak daripada darah menstruasi biasa. Oleh sebab itu Anda disarankan memakai maternity pads sehingga kenyamanan dan kebersihan lebih terjaga. Hindari pemakaian tampon karena bisa meningkatkan risiko infeksi.

2.                 Jaga Kebersihan

Kunci penting dalam merawat kesehatan vagina ketika nifas adalah dengan menjaganya tetap bersih. Di saat nifas apalagi setelah melahirkan, vagina rentan sekali mengalami infeksi. Pastikan Anda selalu rutin mengganti maternity pads atau pembalut. Setelah itu, basuhlah bagian organ intim menggunakan air dari depan ke belakang. Jaga agar kondisi organ intim selalu kering dan tidak terlalu lembab.

3.                 Kompres dengan Es Batu

Nyeri di area organ intim sangat umum terjadi pada wanita yang tengah berada di masa nifas. Rasa nyeri ini bisa diredakan secara efektif dengan mengompres area vagina tersebut memakai ice pack atau es batu. Bungkuslah ice pack menggunakan handuk kemudian tempelkan di bagian organ intim selama kurang lebih 15 menit. Cara ini sangat efektif untuk meredakan nyeri dan memberi rasa nyaman bagi Anda.

4.                 Lakukan Olahraga Panggul

Setelah melahirkan atau ketika masih mengalami nifas, Anda disarankan untuk melakukan olahraga panggul. Olahraga ini bisa dilakukan setelah kondisi jahitan dijamin aman. Dengan melakukan olahraga panggul maka aliran darah menuju area organ intim akan semakin lancar sehingga proses penyembuhan jahitan juga berjalan semakin mudah.

5.                 Pastikan Kontrol Rutin

Selama masa nifas, Anda harus memastikan untuk kontrol ke dokter. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa vagina Anda dalam kondisi yang baik dan tidak ada risiko infeksi. Pemeriksaan rutin juga dilakukan untuk mengetahui apakah jahitan melahirkan aman dan mengalami proses penyembuhan secara lancar atau tidak.

Itulah tadi 5 tips merawat organ intim selama menjalani masa nifas. Merawat tubuh terutama area organ intim pasca melahirkan sangatlah penting. Jika proses perawatannya benar dan Anda menjaga kebersihan dengan baik maka proses penyembuhan luka atau jahitan di vagina pun juga akan berjalan lancar.