September 18, 2021
Fakta-fakta yang Jarang Diketahui Tentang Susu Bayi

Fakta-fakta yang Jarang Diketahui Tentang Susu Bayi

Para ahli gizi selalu mengatakan bahwa ASI termasuk sebagai satu-satunya makanan yang paling penting untuk bayi terutama pada 6 bulan pertama setelah kelahirannya. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan karena ASI memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk proses perkembangan sistem imun dan juga pertumbuhannya. Hanya saja terkadang perlu minum susu bayi dikarenakan bayi tidak bisa memperoleh ASI yang cukup.

Biasanya bayi diberikan susu formula dikarenakan produksi ASI ibu  yang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan bayi. Sebagai tambahan nutrisi bayi, susu formula memiliki peranan penting. Susu formula haruslah dibuat dengan sebaik mungkin hingga memiliki komposisi yang hampir sama dengan kandungan dalam ASI.

Susu formula biasanya menggunakan bahan protein dari susu sapi namun masih akan ditambahkan dengan berbagai nutrisi tambahan yang dibutuhkan seperti vitamin A,D,E, lemak, dan juga berbagai enzim yang diperlukan oleh bayi yang baru lahir hingga anak tumbuh dewasa.

Susu sapi murni tentu tidak memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti pada kandungan susu formula yang memang telah dirancang secara khusus bahkan susu sapi murni sangat tidak disarankan diberikan kepada bayi apalagi sebagai pengganti ASI karena bayi memiliki sistem pencernaan yang masih belum sempurna. Maka dari itu bayi usia 1 tahun ke atas atau sesuai rekomendasi dokter yang boleh mengkonsumsi susu sapi.

Susu Bayi Dikemas Dengan Baik

Jika melihat kemasan susu bayi saat ini anda pasti akan melihat adanya label DHA/ARA (asam lemak untuk mendukung perkembangan otak dan juga penglihatan). Ada juga prebiotik atau probiotik yang dapat meningkatkan perkembangan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Jadi tidak peduli merk susu yang dipilih asalkan memiliki label tersebut maka tentu dapat memberikan manfaat yang baik untuk si kecil.

Susu Bayi Diproduksi Dengan Ketat

Susu formula bayi dan susu formula anak 1 tahun ke atas tentu memiliki komposisi kandungan yang berbeda karena kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh anak juga berbeda. Umumnya susu formula bayi memiliki kandungan lemak, protein, air, dan karbohidrat yang kemudian dikombinasikan dengan beberapa zat aditif, vitamin, dan mineral agar dapat meniru kandungan nutrisi pada ASI. Produksi susu formula bayi harus telah dievaluasi oleh FDA agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Susu Bayi Memiliki Tiga Varian

Varian pertama susu bayi yaitu yang siap dikonsumsi. Varian ini lebih praktis untuk dikonsumsi serta dapat menghindari resiko sembelit hanya saja dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan 2 varian lainnya. Susu dengan cairan konsentrat dijual dengan harga lebih murah dan juga praktis hanya saja masih harus ditambahkan air.

Sedangkan susu formula bubuk paling sering dipilih karena harganya paling murah dengan kemasan yang juga praktis baik itu sachet maupun kaleng. Anda dapat mempertimbangkan susu bayi dari SGM untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian apabila tidak bisa mendapatkan ASI yang cukup.