July 28, 2021
Ingin Anak Berkembang Meski di Rumah Saja, Coba Tips Ini!

Ingin Anak Berkembang Meski di Rumah Saja, Coba Tips Ini!

Selama masa pandemi, pembelajaran di sekolah tidak dilakukan secara tatap muka alias daring. Selain membimbing anak belajar di rumah, sebaiknya Anda mengimbangi metode belajar dengan memberikan mainan edukasi. Biarkan anak memilih kegiatan yang bisa memberikan hiburan sekaligus edukasi secara bersamaan. Kira-kira kegiatan anak di rumah apa yang bisa memberikan nilai edukasi tinggi?

Kegiatan anak di rumah yang bisa mengembangkan potensi

 

Bermain bersama anak merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa mendekatkan hubungan antara orangtua dengan si kecil. Penting sekali untuk memilih jenis permainan yang memiliki nilai edukasi. Apa saja? Berikut 5 kegiatan anak di rumah yang bisa dilakukan bersama orangtua yaitu :

1.  Melakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang dimaksud adalah olahraga di rumah saja. Seiring waktu pandemi corona yang belum berakhir, Anda bisa mengajak anak untuk berolahraga di rumah saja. Lakukan beberapa kegiatan yang bisa mendukung kesehatan keluarga, misalnya senam, lompat tali, bermain engklek modern, dan lain-lain. Orangtua wajib memperhatikan jenis olahraga yang dilakukan aman dan sesuai minat si anak.

2.  Lego

Anak-anak suka dengan membentuk sebuah benda atau bangunan yang mereka sukai lewat lego. Biarkan daya imajinasi dan kreativitas mereka bisa berkembang semakin pesat lewat permainan edukasi ini. Apalagi Anda yang punya anak usia balita, lego akan membantu anak memainkan pola pemikiran yang lebih luas.

3.  Memilih puzzle

Puzzle atau teka-teki bisa menjadi solusi permainan yang mengembangkan kemampuan logika anak. Kegiatan positif yang bisa memberikan hiburan dan relaksasi pikiran dari semua tugas di sekolah yang menumpuk. Anda bisa memilih jenis puzzle yang telah dikembangkan sesuai dengan target usia si kecil. Jenis puzzle bergambar sangat cocok untuk anak yang berusia kurang dari 5 tahun.

4.  Mengembangkan hobi anak

Jenis kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak di rumah adalah aktivitas yang bisa mendorong hobi atau minat si kecil. Jangan biarkan anak terlalu sering bermain gawai atau menonton televisi terus-menerus sebab libur belajar di sekolah. Disela mengerjakan tugas sekolah di rumah, Anda bisa mengajak anak untuk mengembangkan hobi mereka.

Lengkapi sarana yang dibutuhkan dalam mengembangkan hobi tersebut. Jika ada permainan anak yang bisa digunakan untuk mendukung minat dan passion anak sejak dini, kenapa tidak? Misalnya anak suka dengan musik, Anda bisa membelikan set permainan musik yang disukai seperti drum, gitar, keyboard mini, dan sebagainya.

Kegiatan anak di rumah bersama orangtua yang seru merupakan cara merelaksasi pikiran dari stress. Pandemi menciptakan tekanan untuk keluarga yang harus melakukan semua aktivitas di rumah baik pekerjaan atau sekolah. Tak hanya orang dewasa saja yang sering dilanda stress, anak bisa mengalami hal yang sama. Yuk, kembalikan ikatan kekeluargaan yang erat dengan aktivitas yang menyenangkan!