February 25, 2021
Makanan penurun kolesterol   

Makanan penurun kolesterol   

Kolesterol dianggap sebagai salah satu penyakit yang menyerang orang dewasa padahal sebenarnya kolesterol juga dapat diderita oleh anak-anak muda apabila tidak menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat. Terdapat makanan penurun kolesterol yang dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam darah dan juga membantu pencegahan.

Kriteria Makanan untuk Mengurangi Kolesterol

Tentu saja makanan yang dapat menurunkan kolesterol haruslah dapat memenuhi beberapa kriteria agar aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol. Yang pertama, makanan tentu harus rendah kolesterol. Kandungan kolesterol dalam makanan mungkin bukan faktor terbesar yang mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berkolesterol tinggi, seperti daging berlemak.

Makanan tersebut juga harus dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Kolesterol jahat atau LDL yang berlebih dapat menyebabkan penyumbatan arteri sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Maka dari itu dibutuhkan makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain menurunkan kolesterol jahat, ada baiknya juga mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Ide Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

  1. Sarapan

Jangan pernah melewati sarapan karena sangat penting untuk memberikan energi pada tubuh. Anda bisa membuat sarapan dengan oat yang ditambahkan susu rendah lemak, buah beri, dan pisang. Oat dipercaya bisa menurunkan kolesterol berbahaya dalam darah karena mengandung serat makanan beta-glukan.

Pada dasarnya oat memiliki rasa yang hambar. Agar enak, Anda bisa menambahkan topping seperti susu rendah lemak, beri dan pisang. Susu rendah lemak sendiri dapat menurunkan risiko stroke dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan polifenol dalam beri berperan dalam mengatasi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Buah ini juga mengandung serat yang dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh. Pisang sendiri mengandung inulin yang berperan dalam mengontrol gula darah dan menurunkan kolesterol.

  1. Makan Siang

Untuk makan siang, bisa membuat pasta saus alpukat. Selain mengonsumsi alpukat secara langsung, alpukat juga bisa diolah menjadi makanan penurun kolesterol sebagai pelengkap bumbu masakan spaghetti.

Caranya pilihlah daging alpukat tergantung jumlah spageti yang anda masak, tambahkan daun bawang atau peterseli, minyak zaitun, air jeruk nipis dan lada hitam seperlunya. Manfaat buah alpukat dan minyak zaitun bisa membantu mengurangi kolesterol karena lemak tak jenuh tunggal pada buah alpukat dan minyak zaitun baik untuk jantung dan dapat mengurangi kolesterol.

  1. Makan Malam

Untuk makan malam, buatlah salmon pan fried olive oil dengan tambahan bayam rebus. Bayam mengandung lutein yang membantu menghindari penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol tinggi. Pada ikan salmon, Omega-3 berperan dalam mengontrol kadar kolesterol dan menurunkan kadar trigliserida.

Selain makanan di atas, bisa juga menambahkan dark chocolate sebagai snack. Minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan yang memiliki kandungan β-glukan yang diperoleh dari oat dan inulin yang diperoleh dari akar sawi putih. Bukan hanya mengonsumsi makanan penurun kolesterol, Anda juga harus menjalankan pola hidup sehat.