September 18, 2021
Moms, Anak Gadis Menstruasi Pertama? Ini Yang Harus Dilakukan

Moms, Anak Gadis Menstruasi Pertama? Ini Yang Harus Dilakukan

Ketika anak gadis anda mengalami menstruasi pertama, ini adalah menjadi babak baru didalam siklus parenting orangtua bukan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena disini orangtua memang harus mengubah pola asuh dari membimbingnya menjadi seorang remaja. Memberikan pengetahuan-pengetahuan penting yang akan dihadapi ketika remaja juga menjadi hal penting.

Menstruasi yang dialami pertama kalinya oleh anak gadis anda memang sering mendatangkan rasa bingung bahkan ketakutan bagi mereka. Tentu akan adanya banyak pertanyaan yang anak anda ajukan. Tetapi sayangnya, anda mungkin justru akan kebingungan sendiri bagaimanakah untuk mengatakannya bukan?

Cara Menghadapi Anak Menstruasi Pertama

Daripada memaksakan mereka untuk membicara, cobalah untuk mendekatkan diri Mom dengan mereka. Disinilah, moms bisa mengubah suasana akan tetap hangat dan nyaman dengan obrolan mengenai menstruasi pertama yang ia hadapi. Bukan hanya itu saja, berikut ini loh beberapa hal yang wajib anda lakukan ketika menghadapi mereka yang baru pertama kali haid.

  1. Cobalah mengajarkan mereka untuk memakai pembalut

Walaupun terkesan cukup sederhana, tetapi anak gadis anda mungkin masih merasa risih atau kurang nyaman ketika harus memakai pembalut bukan. Bahkan tidak jarang mereka akan merasa tidak nyaman karena adanya sesuatu mengganjal pada vaginanya.

Disini mereka harus membiasakan diri untuk beberapa periode awal dari menstruasi. Moms juga bisa mengajarkan mereka bagaimana cara memasang maupun mengganti pembalut. Cobalah meminta ia untuk mengganti setiap 4 jam sekali.

  1. Jangan lupa mengajarkan bagaimana cara membuang pembalut

Hal tidak kalah pentingnya ketika menghadapi anak gadis menstruasi pertama adalah mengajarkan mereka bagaimanakah cara buat membuang pembalut. Pasalnya, tidak sedikit anak mengalami kebingungan bagaimana cara membuangnya.

  1. Ajaklah untuk membeli pembalut mereka sendiri

Saat ini, anda bisa menemukan pembalut berbagai macam jenis dan merk. Demi kenyamanan anak gadis anda, cobalah untuk mengajak mereka untuk berbelanja pembalut dan membebaskan buat memilih pilihannya sendiri.

Hal tersebut agar anak anda tetap nyaman dan tidak merasa malu ketika sedang menghadapi haid untuk pertama kalinya. Jangan lupa buat menjelaskan beberapa jenis pembalut serta perbedaannya.

  1. Berikan penjelasan untuk mengatasi rasa nyeri

Ketika menghadapi menstruasi, anak mungkin akan merasa nyeri pada area pinggang, punggung, atau kram perut ketika sedang haid. Itu merupakan beberapa kondisi yang sangat wajar terjadi. Namun, mereka mungkin belum mengetahui darimana semua rasa nyeri tersebut datang. Disinilah peran orangtua cukup penting untuk memberikan penjelasan mengenai rasa nyeri dan cara mengatasinya.

  1. Cobalah berikan asupan gizi tambahan

Untuk menjaga kesehatan maupun staminanya, sangat penting bagi moms untuk menambah asupan gizinya. Cobalah memberikan mereka makanan yang tinggi akan zat besi, mineral serta vitamin-vitamin.

Mengalami menstruasi untuk pertama kalinya memang terkadang membuat anak gadis anda kebingungan bukan. Disinilah peran moms memang sangat dibutuhkan buat memberikan penjelasan. Demi kenyamanan menstruasi pertama anak gadis, cobalah memberikan mereka pembalut dari charm untuk menemukan pembalut sesuai kebutuhan.