April 10, 2021
Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Masalah tidur pada anak kerap menjadi masalah juga pada orang tua, pasalnya jika anak susah tidur maka orang tua juga ikut tidak bisa tidur, kemudian tidak bisa mengerjakan pekerjaan lainya sampai tidak bisa istirahat karena menemani si anak berbeda memang jika anda memiliki ART.

Akan tetapi, masalah susah tidur ini juga kalau dibiarkan kurang bagus untuk kesehatan si anak, idealnya jam tidur normal anak anak sehari misalkan 12 jam maka tentu saja anda harus mencapai target ini jika kurang dan bahkan sangat kurang maka harus segera diatasi.

Sebelum masuk tentang cara mengatasi anak susah tidur alangkah baiknya orang tua juga bisa mencari penyebabnya, karena kalau sudah ketahuan sebabnya maka solusi yang tepat akan sangat bisa di gunakan.

Beberapa penyebab anak susah tidur antara lain:

  1. Lingkungan

Ini adalah faktor yang paling besar mempengaruhi pola tidur si anak, jika rumah anda tidak berada di perkotaan atau perumahaan misalkan dan memiliki banyak tetangga dekat di samping rumah ditambah sang anak memiliki banyak teman bermain dan tidak anda awasi maka mereka akan cendrung mengikuti kapan teman bermainya itu tidur.

Bayangkan jika anak anda berusia 3 tahun mislakan, kemudian bergaul dengan anak anak lebih tua dari usianya seperti anak 10 tahun yang bisa jadi tidurnya diatas jam 10 malam maka otomatis si anak akan ikut juga.

Kemudian lingkungan yang ramai, tidak tenang dan kondusif juga bisa mempengaruhi jam tidur anak akan lebih malam.

Solusinya adalah perhatikan lingkungan dan kendalikan pergaulan anak anak jangan sampai terbawa oleh lingkunganya.

  1. Tidur di sore hari

Penyebab lain adalah tidak beraturanya pola tidur, sering kali kita menemukan kasus anak sibuk bermain di siang hari padahal itu waktu istriahat bagi mereka. Setelah sorenya mereka mandi, kemudian pukul 04 sore bisa jadi mereka tidur dan terbangun maghrib.

Kondisi ini tentu saja akan membuat anak sudah dalam kondisi fresh dan bisa jadi melek sampai tengah malam.

Maka dari itu, jangan sampai biarkan anak anda tertidur di sore hari, kalau siang hari tidak masalah bahkan sangat baik atau sekalian jangan dibiarkan tidur dan bisa jadi mereka akan tidur lebih awal seperti jam 08 malam asalkan tidur sore tidak terjadi.

Itu penyebab umum, sekarang kita coba masuk ke bagian solusi mengatasi anak yang susah tidur bisa anda terapkan dengan beberapa cara antara lain:

  1. Matikan semua lampu rumah

Mematikan lampu membuat ruang pergerakan si anak akan berkutat di kamar saja, dengan demikian dia akan lebih fokus untuk tidur. Jangan hanya lampu alat komunikasi seperti gadget, kemudian tv juga harus anda matikan.

  1. Buat aturan sejak awal

Anak anak di usia 2 sampai dengan 3 tahun sudah mulai memahami yang namanya aturan. Sebagai orang tua alangkah baiknya anda bisa menerapkan batas jam malam kepada anak anak anda. Misalkan jam 09 malam sudah tidak boleh main gadget, nonton tv, harus ada di kamar tidur.