September 18, 2021
Procedure Text: Pengertian, Struktur, dan Fitur-Fiturnya

Procedure Text: Pengertian, Struktur, dan Fitur-Fiturnya

Pernahkah kamu melihat resep makanan atau cara membuat sesuatu? Dalam bahasa Inggris, teks yang kamu baca tersebut merupakan contoh dari procedure text. Sama halnya dengan jenis teks bahasa Inggris lain, procedure text memiliki struktur dan fiturnya sendiri. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Procedure Text

Procedure text adalah salah satu jenis teks bahasa Inggris yang menjelaskan bagaimana sesuatu dibuat, dilakukan, atau digunakan melalui sebuah instruksi atau langkah-langkah yang berurutan. Seringnya teks ini diawali dengan kalimat “How to…”, sebagai contoh:

  • How to cook an instant noodle
  • How to make a cup of coffee
  • How to create an email on Google

Procedure text berbeda dengan descriptive text meskipun sama-sama berguna untuk menjelaskan sesuatu secara spesifik. Perbedaannya ialah procedure text menjelaskan langkah untuk melakukan sesuatu, descriptive text menjelaskan suatu objek tertentu terlihat.

Struktur Procedure Text

Membuat sebuah procedure text tidaklah sulit asalkan kamu mengetahui strukturnya. Procedure text memiliki struktur yang cukup sederhana sebab hanya dibagi menjadi tiga bagian, diantaranya:

  • Goal
    Goal merupakan bagian yang memberikan informasi tentang maksud dan tujuan dari procedure text.
  • Materials
    Materials merupakan bagian yang memberikan informasi mengenai daftar materi atau bagian yang dibutuhkan.
  • Steps
    Steps merupakan bagian yang berisi daftar urutan instruksi untuk melakukan atau mengoperasikan sesuatu.

Fitur Procedure Text

Selain mengetahui struktur penulisan sebuah procedure text, kamu juga wajib mengetahui fitur-fitur yang ada di dalamnya. Procedure text memiliki beberapa fitur, diantaranya:

  • Simple Present Tense
    Procedure text wajib dibuat menggunakan simple present tense. Hal ini karena di dalam procedure text terdapat kalimat-kalimat fakta mengenai pembuatan atau penggunaan sesuatu.
  • Kalimat Perintah atau Imperative Sentence
    Kalimat perintah tentunya digunakan dalam sebuah procedure text. Contohnya seperti, “Add 3 more sugar” atau “Stir it until mix with the water”.
  • Kata Penghubung atau Connectives
    Kata penghubung atau connectives digunakan untuk menyambung satu langkah dengan langkah lainnya. Contohnya seperti first, second, then, after that, dan sebagainya.

Kata Keterangan atau Adverbs
Kata keterangan digunakan untuk memberikan keterangan waktu seperti in 5 minutes atau for 1 hour. Selain itu, kata keterangan juga digunakan untuk memberikan keterangan cara seperti thoroughly, well fast, dan sebagainya.